
Disperkim Kukar – Dalam rangka meningkatkan mutu pengelolaan arsip, Sub Bagian Umum Ketatalaksanaan dan Kepegawaian Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskerpus) Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Jumat (21/11/2024).
Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Bidang Pembinaan, Pengelolaan, dan Pengawasan Kearsipan, Ida Bagus Alit Geger.
Dari hasil kunjungan, Disperkim Kukar memperoleh wawasan mengenai empat hal penting dalam pengelolaan arsip. Meliputi penyusunan tata naskah dinas yang terstruktur, klasifikasi arsip sesuai peraturan, penyusutan arsip berdasarkan Jadwal Retensi Arsip (JRA), dan pengaturan keamanan akses arsip untuk memastikan hanya pihak berwenang yang dapat mengaksesnya.
Perwakilan dari Disperkim Kukar, Sri Aspianti, menyampaikan apresiasinya terhadap pengetahuan yang diberikan oleh DKP Badung.
“Kunjungan ini memberikan kami pemahaman baru tentang pentingnya tata kelola arsip yang profesional. Pengelolaan arsip yang baik tidak hanya menjaga sejarah dan dokumentasi, tetapi juga menjadi fondasi dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel,” ujarnya.
Selama diskusi, Diarpus Kabupaten Badung juga menekankan pentingnya unsur autentik dan terpercaya dalam sebuah arsip. Selain itu, pengaturan arsip bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengalami pembubaran atau penggabungan juga dibahas. Arsip-arsip tersebut harus diserahkan ke Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) untuk pengelolaan lebih lanjut.
Sebagai langkah implementasi, Diarpus Kabupaten Badung memberikan saran agar setiap OPD mampu menciptakan surat, dokumen, dan berkas yang terstruktur, sekaligus memiliki semangat membenahi arsip secara sistematis.
“Pengelolaan arsip yang baik adalah cerminan tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan transparan,” ujar Ida Bagus Alit Geger.
Kunjungan ini diharapkan menjadi pemacu semangat bagi Disperkim Kukar untuk terus meningkatkan pengelolaan arsip sesuai standar nasional demi mendukung pelayanan publik yang lebih baik.
