
Disperkim Kukar – Dalam rangka memperkuat pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan sistem manajemen kepegawaian, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan kunjungan koordinasi ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Jumat (21/11/2024).
Rombongan Disperkim Kukar diterima langsung oleh Kepala Sub Bagian Perencanaan, Keuangan, dan Pelaporan BKPSDM Kabupaten Badung. Dalam kunjungan tersebut, rombongan Disperkim Kukar melalui Sub Bagian Umum Ketatalaksanaan dan Kepegawaian bertujuan menggali literasi terkait pengembangan SDM dan sistem manajemen kepegawaian untuk diimplementasikan pada kegiatan monitoring, evaluasi, serta penilaian kerja di lingkungan Disperkim.
Selain itu, kunjungan ini juga berfokus untuk mempelajari hasil pengembangan SDM di Kabupaten Badung, termasuk proses uji kompetensi, penyetaraan jabatan fungsional (JF), serta sistem absensi digital berbasis teknologi canggih. BKPSDM Kabupaten Badung diketahui telah lebih dahulu menggunakan sistem absensi digital yang mengintegrasikan rekam wajah dan kondisi real-time berbasis koordinat lokasi.
Dalam pertemuan tersebut, pihak Disperkim Kukar juga menanyakan berbagai kendala yang dihadapi BKPSDM Kabupaten Badung terkait penerapan sistem absensi digital tersebut. Selain itu, Disperkim Kukar turut mendalami integrasi data absensi digital dengan sistem e-kinerja sebagai bentuk pelaporan kinerja yang akurat dan transparan.
Hasil dari kunjungan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dan referensi penting bagi Disperkim Kukar untuk mengembangkan dan menerapkan sistem manajemen kepegawaian yang lebih modern, efektif, dan sesuai dengan kebutuhan organisasi. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen Disperkim Kukar untuk terus meningkatkan kapasitas SDM di lingkungannya demi memberikan pelayanan publik yang lebih baik dan profesional.
